Lebih Dekat dengan Masyarakat, Sudin Sosial Jakpus Luncurkan Layanan Berbasis Aplikasi Whatsapp

Pusdatin: 25 Jun 2024 16:00

Dalam rangka mempercepat pelayanan kepada masyarakat, Suku Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta meluncurkan Saos Wasabi (Suku Dinas Sosial Whatsapp Bot Layanan Informasi, Pelayanan dan Konsultasi). Hal tersebut merupakan gagasan kreatif sekaligus aksi perubahan yang dilakukan oleh Kasubbag Tata Usaha, Suku Dinas Sosial Kota Administrasi Jakarta Pusat, Rian Permana Putra. 

Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma, mengapresiasi adanya gagasan kreatif ini. Ia menilai, Saos Wasabi dapat memperkuat pelayanan publik di wilayah Jakarta Pusat, terlebih pada aspek sosial, yang menjadi salah satu hal yang paling disoroti masyarakat.

"Ini merupakan sebuah media informasi yang berbasis aplikasi Whatsapp, sangat kreatif. Mengingat, hampir semua orang sudah menggunakan aplikasi tersebut. Ini berupa layanan informasi, pelayanan dan pengaduan. Di samping pengaduan juga layanan konsultasi yang artinya Sudin Sosial Jakarta Pusat memberi ruang yang besar kepada masyarakat dalam hal pelayanan. Selain itu, ini juga bisa mendorong penilaian bagi wilayah kota administrasi Jakarta Pusat dalam aspek pelayanan publik," tuturnya.

Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Premi Lasari, menjelaskan dengan adanya gagasan ini, tentunya dapat mendorong kelancaran kinerja para ASN, terutama yang berada di lingkungan Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat. 

"Saat ini kan hampir semua orang punya WhatsApp. Inovasi SAOS WASABI ini memperkaya layanan kami ke masyarakat. Sekaligus memudahkan kinerja ASN di Sudin Sosial Jakarta Pusat," tandasnya.

Untuk diketahui, melalui aplikasi ini masyarakat di wilayah Jakarta Pusat dapat mengakses berbagai informasi layanan, perizinan dan pengaduan serta konsultasi terkait program dan tugas Dinas Sosial. Diharapkan, wilayah lain dapat membuat hal serupa guna mempercepat pelayanan bagi masyarakat.

Berita Utama