Hingga Juni 2024, Dinsos DKI Pulangkan 699 Orang Terlantar

Pusdatin: 17 Jul 2024 10:07
Terhitung dari Januari hingga Juni 2024, Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta melalui Bidang Rehabilitasi Sosial telah memulangkan 699 Orang Terlantar. Dalam pelaksanaan pemulangan orang terlantar, Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan Perum Damri.
Adapun rincian pemulangan Orang Terlantar pada Januari berjumlah 88 orang, Februari 128 orang, Maret 127 orang, April 111 orang, Mei 138 orang, dan Juni 107 orang.Mereka diberangkatkan dengan Bus Damri dengan lokasi tujuan pemulangan mencakup wilayah Lampung, Surabaya, Semarang, Cilacap, dan Tasikmalaya.
Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Premi Lasari menjelaskan, sebelum dipulangkan ke daerah asal, terlebih dahulu dilakukan identifikasi dan verifikasi (pengecekan dan perekaman sidik jari), pendataan dan dokumentasi Orang Terlantar. Setelah itu dilakukan asesmen yang melibatkan Pekerja Sosial, Penyuluh Sosial dan Satgas P3S.
"Dari situ akan keluar hasil asesmen. Kemudian kami membuat Surat Pengantar ke Dinas Sosial Pemerintah Daerah tujuan dan tiket kendaraan. Setelah itu, kami mengantarkan mereka ke pool bus sesuai tujuan pemulangan dan jadwal keberangkatan. Kemudian kami lakukan terminasi," paparnya.
Diharapkan dengan adanya pemulangan Orang Terlantar ini, bukan hanya sekedar langkah administratif, tetapi juga bentuk nyata dari kepedulian sosial dan tanggung jawab bersama dalam menciptakan kota yang lebih manusiawi dan berkeadilan. Sehingga dapat mewujudkan ketertiban bagi lingkungan Jakarta.

Berita Utama